10 Fakta Menarik tentang Teripang Gamat, Hewan Laut dengan Sejuta Manfaat

Teripang gamat atau timun laut merupakan makhluk laut yang dikenal memiliki berbagai manfaat. Mulai dari manfaat untuk kesehatan, hingga kecantikan. Kebiasaan mengonsumsi teripang pun dilakukan di berbagai negara. Termasuk di antaranya Indonesia yang memang dikenal memiliki kekayaan laut luar biasa.

Selain memiliki beragam kegunaan, teripang juga punya berbagai fakta yang unik dan sangat menarik. Penasaran dengan fakta-fakta tersebut? Simak ulasannya berikut:

1. Teripang gamat bukan jenis tumbuhan, melainkan hewan

manfaat teripang

Fakta menarik pertama yang perlu diketahui dari teripang adalah, makhluk ini termasuk dalam jenis hewan. Anda mungkin menganggapnya sebagai tumbuhan, mengingat teripang juga disebut dengan nama mentimun laut.

Nama mentimun laut digunakan karena secara fisik, bentuk teripang memiliki kemiripan dengan mentimun. Hewan laut yang satu ini punya bentuk tubuh silinder. Saat ini, terdapat sekitar 1.717 spesies teripang yang telah diketahui. Masing-masing spesies memiliki ciri khas warna yang berbeda. Mulai dari cokelat, hijau, biru, merah, serta hitam.

2. Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil teripang terbesar dunia

teripang baik untuk kesehatan

Dalam sebuah laporan yang tercantum di situs resmi National Center for Biotechnology Information (NCBI) Amerika Serikat, Indonesia menjadi salah satu negara terbesar penghasil teripang, diikuti Filipina. Pada rentang antara tahun 2000 hingga 2005, kedua negara ini memanen rata-rata 2.672 ton basah teripang per tahun.

Hanya saja, tidak ada catatan secara mendetail mengenai informasi panen teripang di Indonesia dan Filipina. Dalam data FAO, disebutkan kalau Indonesia merupakan negara pengekspor teripang terbesar dunia. Sekitar 40-80% teripang gamat dari Indonesia mendarat ke Tiongkok, Hongkong, dan sebagian kecil ke negara lain seperti Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, Singapura, dan Australia.

3. Teripang gamat memiliki habitat yang luas

haisom atau teripang

Teripang gamat juga dikenal sebagai binatang yang memiliki habitat sangat luas. Hewan ini bisa tinggal di laut dangkal ataupun laut dalam. Selain itu, mereka juga kerap tinggal secara berkelompok, membentuk sebuah koloni.

Sebuah penemuan di perairan Selandia Baru mengungkapkan koloni teripang gamat dengan densitas mencapai 1.000 ekor per meter persegi. Dengan hidup secara berkelompok, hal ini juga memberi kemudahan terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Hal ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan budidaya teripang. Dengan cara pengembang biakan yang tidak terlalu sulit, nelayan pun bisa memperoleh penghasilan lebih tinggi dari hasil teripang. Apalagi, nilai jual teripang juga tinggi.

4. Beragam menu dibuat dengan bahan utama teripang

cara mengolah olahan teripang

Tingginya konsumsi teripang juga bisa dilihat dari beragam menu masakan yang menggunakan bahan utama teripang. Kebanyakan, makanan-makanan tersebut memang berasal dari Tiongkok. Dalam penyajiannya, teripang bisa diproses dengan berbagai macam cara. Mulai dari dikeringkan, dimasak, diproses menjadi dimsum, dan lain-lain.

5. Teripang memiliki bentuk yang unik dengan beragam warna

teripang / haisom sebagai obat pasca melahirkan

Teripang juga memiliki bentuk struktur tubuh yang unik. Mereka memiliki bagian tubuh yang berstruktur lembut. Hal ini memberi kemudahan untuk bergerak melewati celah yang sempit.

Menariknya, mereka juga memiliki semacam tengkorak di bawah permukaan tubuhnya. Meski begitu, keberadaan tengkorak tersebut tidak membatasi gerakan teripang. Bahkan, tengkorak tersebut kerap dipakai oleh teripang sebagai senjata untuk melawan predator.

6. Teripang gamat tidak memiliki otak

teripang emas gamat

Hal menarik lain yang bisa diulik dari keberadaan teripang adalah, hewan ini ternyata tidak memiliki otak. Sebagai gantinya, mereka memiliki sistem syaraf yang sangat sederhana. Terdiri dari sebuah cincin beserta beberapa sel syaraf. Tidak heran kalau hewan ini memiliki sistem sensor yang lemah.

Entah ada hubungannya apa tidak, teripang terkadang melakukan hal yang ekstrem ketika berhadapan dengan bahaya. Beberapa jenis spesies teripang gamat diketahui memiliki kebiasaan untuk mengeluarkan organ dalamnya sebagai bentuk pertahanan diri.

Termasuk di antaranya adalah sistem pencernaan, alat pernapasan, serta kelamin. Organ-organ tersebut mereka lontarkan sebagai senjata penghalau predator bersama dengan racun berbahaya. Selanjutnya, mereka pun bisa menumbuhkan kembali organ yang hilang dalam kurun antara 1,5 hingga 5 minggu.

7. Berbeda dengan binatang lain, teripang bernapas lewat anus

harga teripang

Selain tidak memiliki otak, teripang gamat juga dikenal sebagai hewan dengan sistem pernapasan yang ‘jorok’. Hewan ini memiliki struktur tubuh yang sederhana. Mereka tidak memiliki insang seperti pada ikan. Sebagai gantinya, mereka menggunakan anus sebagai sarana pernapasan di bawah air.

8. Teripang memiliki rentang usia antara 5 sampai 10 tahun

harga teripang

Teripang memiliki usia yang cukup panjang. Di alam bebas, teripang gamat bisa berusia antara 5 hingga 10 tahun. Hanya saja, usia tersebut juga bergantung dengan spesies. Mereka memiliki ukuran paling kecil 0,3 cm dan paling panjang mencapai 1 meter. Secara umum, ukuran tubuh teripang rata-rata 10 cm sampai 30 cm.

Di alam, teripang biasa mengonsumsi berbagai jenis makanan. Bahkan, bisa dibilang kalau binatang yang satu ini merupakan pemulung alami di lautan. Mereka terbiasa bergerak di dasar laut dan memakan plankton beserta berbagai jenis hewan kecil laut lain.

Aktivitas tersebut mereka lakukan dengan menggunakan kaki kecil yang ada di bagian bawahnya. Selanjutnya, partikel-partikel tersebut diproses sehingga menjadi potongan yang lebih kecil dan menjadi makanan bakteri. Karena itu, keberadaan teripang di alam liar sangat penting, karena bertugas menjalankan siklus nutrisi secara alami.

9. Teripang gamat bisa mengubah jenis kelamin

supplier teripang di indonesia

Seperti hewan lain, teripang pun memiliki dua jenis kelamin, yakni jantan dan betina. Mereka bisa berkembang biak secara seksual dan aseksual. Dalam perkembang biakan secara seksual, proses pembuahan dilakukan di luar tubuh.

Teripang jantan dan betina masing-masing mengeluarkan sperma dan sel telurnya ke air. Selanjutnya, proses pembuahan berlangsung saat keduanya bertemu. Terutama karena adanya bantuan dari arus laut.

Menariknya, teripang juga bisa bereproduksi secara mandiri. Mereka tidak membutuhkan kehadiran sosok teripang lain untuk berkembang biak. Apalagi, beberapa spesies teripang juga diketahui bisa mengubah jenis kelaminnya.

10. Beberapa jenis spesies teripang terancam punah

beberapa-spesies-teripang-terancam-punah

Teripang gamat menjadi salah satu hewan laut yang sering diburu oleh manusia. Mayoritas, konsumsi teripang dilakukan oleh orang-orang Asia, terutama dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Hal ini pun mengakibatkan beberapa jenis spesies teripang terancam punah.

Beberapa negara pun mulai melakukan pengawasan terhadap perburuan teripang di laut lepas. Salah satunya adalah di Hawai. Sejak tahun 2016, pemerintah setempat membatasi perburuan mentimun laut karena terjadi penurunan populasi hewan ini. Terutama, di kawasan Maui dan Oahu.

Dengan mengetahui fakta-fakta menarik tersebut, kita bisa mengetahui keunikan serta betapa pentingnya peran teripang gamat di laut lepas. Untuk itu, alih-alih menangkapnya dari alam liar, tidak ada salahnya untuk lebih memperbanyak budidaya teripang.

Dengan proses budidaya ini, masyarakat pun bisa memperoleh penghasilan yang jauh lebih baik. Apalagi, Indonesia memiliki wilayah lautan yang sangat luas. Sungguh mubazir kalau negara dengan garis pantai terpanjang dunia menyia-nyiakan kekayaannya tersebut.

 

Leave a Comment