8 Manfaat Teripang Laut Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!

Dari bentuknya, teripang laut jelas terlihat tidak populer. Namun, siapa sangka, hewan yang juga disebut sebagai sea cucumber (timun laut) atau yang sering kita sebut haisom ini punya segudang manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaatnya?

 

1. Sumber Protein Alami

Kandungan protein tinggi dalam teripang, membuatnya baik dikonsumsi—terutama bagi mereka yang baru saja pulih dari sakit. Adapun keberadaan protein ini penting, untuk menjaga energi dalam tubuh, hingga meningkatkan fungsi sel dalam tubuh.

 

2. Mencegah Kanker

Setidaknya, sebuah penelitian menunjukkan, senyawa yang terdapat dalam teripang (glikosida triterpenoid) terbukti ampuh melawan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, teripang juga mengandung philinopside E, yang mampu merangsang pembuluh darah dengan baik, sekaligus mengatasi penyebaran kanker dari pembuluh darah.

 

3. Mengurangi Risiko Pembekuan Darah

Ada beberapa risiko kesehatan yang bisa muncul dari proses pembekuan darah yang tidak sempurna. Jika terus dibiarkan, hal ini bahkan bisa memicu penggumpalan darah dalam paru-paru atau justru pembuluh darah. Akibatnya, jantung jadi tidak berfungsi—atau secara ekstrem, dapat saja mengakibatkan stroke.  Adapun sejumlah studi menemukan, teripang mengandung chondroitin sulfate yang mampu mencegah pembekuan darah.

 

4. Mengatasi Impotensi

Di Tiongkok, teripang selalu menjadi hidangan istimewa bagi pria. Tidak salah, mengingat satu fungsi teripang, yakni mencegah dan mengatsi impotensi. Konsumsi teripang sendiri akan membantu meningkatkan aliran pembuluh darah—terutama di sekitar organ vital. Belum lagi, soal kandungan protein tinggi, yang sangat bermanfaat untuk menjaga sel sperma tetap sehat…

 

5. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan zat dalam teripang, dipercaya mampu membantu proses regenerasi sel darah merah, serta melawan “infeksi” akibat paparan virus maupun bakteri. Secara tidak langsung, konsumsi teripang juga baik bagi peningkatan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh. Tidak heran, jika kebiasaan makan teripang di Tiongkok, membuat penduduknya jadi lebih kuat dan jarang sakit.

Adapun konsumsi teripang sendiri, amat dianjurkan bagi mereka penderita kanker. Apalagi, mereka cenderung “bermasalah” dengan kekebalan tubuh, terutama saat sedang menjalani pengobatan kemoterapi. Konsumsi teripang lantas mampu meningkatkan efek kekebalan tubuh, sekaligus melawan zat-zat buruk yang masuk ke dalam tubuh akibat kemoterapi.

6. Mengobati Sesak Napas, Batuk, dan Asma

Teripang, telah lama terbukti ampuh untuk mengatasi beragam masalah pernapasan, seperti halnya alergi, sesak napas, batuk, dan asma ringan. Adapun teripang mengandung senyawa khusus, yang ditengarai mampu melonggarkan saluran pernapasan.

7. Menurunkan Kolesterol

Kita tahu, kolesterol tinggi cenderung menjadi penyebab utama beberapa penyakit kronis. Itu sebabnya, mereka yang punya riwayat kolesterol dalam jumlah tinggi, besar risikonya terkena penyakit jantung, hipertensi, stroke, serta diabetes. Nah, bagi Anda yang berniat untuk menurunkan kolesterol, disarankan untuk mengonsumsi teripang secara rutin—apalagi mengingat fungsinya untuk meregenerasi sel tubuh. Di sisi lain, mengonsumsi teripang laut juga terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh.

8. Menyembuhkan Luka dan Peradangan

Khasiat lain dari teripang, juga kentara dari keberadaannya sebagai “bahan alami” yang mampu menghentikan pendarahan, menyembuhkan luka dengan cepat, serta mengurangi nyeri akibat peradangan. Adapun hal ini disebabkan oleh beberapa senyawa dalam teripang, mulai dari glucosamine, mukopolisakarida sulfat, hingga chondroitin sulfate.

Teripang akan membantu tubuh dalam proses regenerasi sel dan jaringan. Selain pada penderita kanker, konsumsi teripang lantas akan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes—yang biasanya mengalami luka karena kematian sel saraf tertentu.

Itulah delapan manfaat dan khasiat teripang laut untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Nah, bagi yang ingin mencoba langsung khasiatnya, harus dipahami bahwa tidak semua jenis teripang laut bisa dikonsumsi. Beberapa di antaranya, bahkan beracun dan sangat berbahaya. Untuk itu, ada baiknya berkonsultasi lebih dulu dengan tenaga ahli, sebelum Anda mengonsumsinya, ya.

Leave a Comment