Ini 5  Khasiat Teripang yang Jarang Diketahui Orang

Apakah Anda pernah mendengar tentang hewan laut teripang atau haisom? Barangkali ada di antara Anda pernah mencicipi keripik teripang ini. Memang teripang atau timun laut ini merupakan hewan laut Invertebrata Holothuroidea yang bisa dimakan, meski sebagian ada yang beracun. Teripang yang hidup di dasar laut ataupun lingkungan terumbu ini, tersebar luas di laut terutama di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik Barat.

Hewan yang  bergerak lambat dan berbentuk seperti landak atau bintang laut ini, banyak jenisnya mencapai 1400 dan tersebar di seluruh dunia. Jenis teripang ini antara lain teripang emas, teripang susu, teripang bintik, teripang kapuk, dan masih banyak lagi. Sedangkan di Indonesia sendiri, ditemukan sekitar 25 jenis teripang yang hidup tersebar di perairan Indonesia.

Teripang terutama teripang emas terbukti memiliki kandungan antibakteri, antivirus, antiinflamasi, antijamur, dan berbagai kandungan senyawa lain yang bermanfaat. Selain itu juga memiliki kandungan gizi yang lengkap, antara lain 59 jenis asam lemak, 25 komponen vitamin, 19 jenis asam amino, 10 jenis mineral, 9 jenis karbohidrat, dan 5 jenis sterol. Banyak sekali, bukan?

Oleh karenanya teripang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit, perawatan kecantikan, serta menjaga kesehatan janin dan kulit. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang khasiat teripang,  untuk mengatasi berbagai penyakit dan menjaga kesehatan kulit yang jarang diketahui orang.

Teripang umumnya dikenal mampu mengatasi berbagai macam penyakit antara lain  penyakit jantung, mencegah peradangan, mengatasi risiko pembekuan darah, dan mengobati luka. Selain itu untuk ketahanan tubuh, teripang bisa  melawan infeksi virus dan bakteri,  menjadi sumber protein bagi tubuh,  menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan fungsi metabolisme tubuh. Ekstrak teripang juga bisa membantu fungsi ginjal, mengobati kista dan miom, dan mengatasi impotensi.

Ini 5 khasiat teripang mengatasi penyakit dan kesehatan kulit yang jarang diketahui orang

Tidak dipungkiri lagi teripang memiliki Khasiat yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit serta mampu mengatasi beberapa penyakit yang cukup berat,  yaitu:


1. Mengatasi Penyakit Kanker  dan Tumor

teripang-19-olok-olok

Berdasar sebuah penelitian, ekstrak teripang emas ternyata mampu membunuh sel-sel kanker dan kista. Untuk sel kanker hati membunuh hingga 95% dan untuk sel kanker paru-paru efektif hingga 88%. Selain membunuh kanker, ekstrak teripang ini juga merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker dan kista tersebut.

Teripang ini juga sangat efektif untuk mengurangi efek samping dari terapi kanker -digunakan sebagai pengobatan tambahan – saat pasien sedang menjalani kemoterapi. Kemoterapi merupakan pemberian obat imunosupresan untuk membunuh sel kanker. Namun, terapi ini juga membuat sistem kekebalan menjadi lemah. Penderita kanker akan mengalami berbagai macam efek samping yang mengganggu kesehatan.

Kandungan dalam teripang  yaitu imunomodulator atau penguat sistem imun  ini, bisa membuat sistem imun menguat kembali. Inilah berbagai senyawa dan zat yang bermanfaat melawan sel kanker dan tumor dalam teripang.

  • Senyawa Frondoside A, yang memiliki kemampuan menghancurkan sel kanker.
  • Senyawa Glikosida Triterpen, sangat baik melawan pertumbuhan sel kanker, terutama pada tahap awal efeknya jauh lebih baik.
  • Zat Kondrotin dan Lektin, yang mampu menggumpalkan dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Komponen yang dapat melawan tumor dan kanker, yaitu desholothurin A, holothurinoside A, B, C, dan D. Bahan aktif antitumor ini bekerja pada setiap tahap perkembangan sel kanker termasuk pada proses metastasis.


2. Menyembuhkan Luka pada Penderita Diabetes

teripang-22-untuk-mengobati-diabetes

 Salah satu khasiat teripang adalah mampu menyembuhkan luka, baik luka pada kulit maupun kerusakan dalam tubuh. Penderita diabetes biasanya mengalami luka karena sel syaraf tertentu yang mati – terutama pada bagian kaki –  yang bisa membusuk hingga harus diamputasi. Penderita diabetes ini bisa mengkonsumsi teripang untuk membantu mengatasi luka yang membusuk ini.

Ekstrak teripang yang mengandung cell growth factor, mampu memulihkan fungsi sel dan membangun jaringan kulit, sehingga dapat menyembuhkan luka yang membusuk. Selain menyembuhkan luka, teripang bahkan mampu mengatur kadar insulin dalam darah. Oleh karenanya penderita diabetes akan terbantu bila mengkonsumsi teripang ini.


3. Antipenuaan

teripang-22-anti-penuaan dan mengencangkan kulit

Tidak banyak yang tahu, jika ekstrak teripang bisa dipakai untuk perawatan kulit karena mengandung zat antipenuaan. Kandungan zat antipenuaan dalam teripang yaitu:

  • Zat Glucosamine dan Chondroitine yang tinggi, mampu mempercepat perbaikan sel kulit atau regenerasi sel kulit. Dengan adanya regenerasi sel, kulit tidak mudah keriput sehingga dapat mencegah penuaan dini.
  • Kandungan vitamin E dalam teripang mampu meningkatkan aktivitas kolagen. Kolagen ini mampu membuat kulit lebih elastis, segar berseri, dan terlihat lebih mulus. Selain itu vitamin E juga dapat mencegah penuaan dini akibat bintik hitam dan keriput.

Perlu diketahui bahwa salah satu rahasia kecantikan para wanita di Cina dan Jepang serta telah berkembang juga di Korea dan Taiwan, adalah kebiasaan mereka mengkonsumsi teripang. Oleh karenanya, bila Anda ingin terlihat lebih cantik dan memiliki tubuh yang sehat dengan cara yang enak, teripang bisa Anda jadikan alternatif makanan.

Saat ini teripang sendiri juga sudah bisa diolah menjadi masakan atau dikeringkan.  Namun, bila Anda kurang suka makanan olahan dari teripang, Anda bisa mengkonsumsi suplemen dalam bentuk kapsul. Selain itu ada alternatif lain yaitu menggunakan masker teripang. Masker teripang yang berasal dari tepung yang diolah dari teripang dan dikeringkan ini, mampu membuat kulit Anda lebih cantik, segar, dan berseri.


4. Mengobati Nyeri Sendi dan Artritis

teripang-22-mengobati-nyeri-dan-artritis

Salah satu khasiat  teripang untuk penyakit kronis lainnya adalah mampu mengobati nyeri sendi dan artritis. Bila sudah parah, penyakit ini bahkan bisa membuat penderita sulit berjalan dan harus menggunakan kursi roda. Ekstrak teripang  mengandung zat Kondoitrin Sulfat yang tinggi, Glukosamin, serta Mukopolisakarida, yang diyakini bisa mengatasi penyakit ini.

Zat-zat aktif tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan hormon Prostaglandin dalam tubuh. Hormon ini memengaruhi otot untuk berelaksasi atau berkontraksi, sehingga jika seimbang dapat mengatasi nyeri sendi dan gangguan artritis.


5. Mengatasi Sakit Maag Kronis

teripang-22-untuk-mengobati-maag-kronis

Khasiat teripang yang tidak diduga lainnya adalah kemampuannya mengobati penyakit maag, termasuk maag akut atau maag kronis. Maag atau radang lambung adalah penyakit yang disebabkan peradangan pada lambung. Penderita maag akan mengalami gangguan pada pencernaan, selera makan berkurang, mulas, mual, dan muntah hingga perih pada perut.

Ekstrak teripang mampu membunuh bakteri Helicobacter Pylori penyebab penyakit maag ini. Antiinflamasi yang terkandung dalam ekstrak teripang, juga mampu memperbaiki jaringan pada lambung yang rusak akibat penyakit maag.

Nah demikianlah 5 khasiat teripang untuk penyakit berat, yang tidak banyak diketahui orang. Ternyata teripang sangat bermanfaat selain menjaga kesehatan kulit dan wajah, juga dapat menyembuhkan penyakit-penyakit kronis. Bahkan potensi teripang ini masih bisa terus dikembangkan, diuji, serta didokumentasikan untuk manfaat kesehatan lebih lanjut.

Leave a Comment