Serba-serbi Teripang Emas : Habitat , Kandungan, dan Manfaatnya

Di bawah permukaan laut yang luas, ada begitu begitu banyak makhluk hidup yang dapat memberi banyak manfaat bagi manusia, terutama dari golongan hewani. Tidak hanya sekadar memuaskan lidah dan mengisi perut, beragam hewan laut ini juga memiliki kandungan tertentu yang dapat menjadi obat dan khasiat lainnya bagi tubuh manusia.

Salah satunya adalah teripang emas, hewan invertebrata alias tidak memiliki tulang punggung yang sebenarnya sudah sangat terkenal di lingkungan kesehatan. Jika dilihat, bentuk tubuh hewan yang satu ini memanjang dan silindris seperti mentimun. Maka dari itu, tak jarang orang juga menyebutnya sebagai mentimun laut emas (disebut juga golden sea cucumber atau golden stichopus variegatus).

Habitat

teripang-25-habitat

Teripang emas adalah satu dari sekitar 1.250 spesies yang termasuk ke dalam filum Echinodermata dan kelas Holothutidea. Hewan ini tersebar luas di kawasan perairan laut di seluruh dunia, mulai dari perairan laut yang pasang surut hingga yang dalam. Terutama di kawasan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik Barat, teripang emas sangat mudah untuk ditemukan. Karena itulah, Anda tidak akan susah untuk menemukannya di perairan Indonesia.

Sesuai dengan bentuknya yang tak bersirip, teripang emas hidup jauh di dasar laut. Teripang emas berada di kawasan terumbu, substrat pasir, maupun lumpur pasiran. JIka tidak sedang menunjukkan tubuhnya di permukan dasar laut, biota laut yang satu ini memilih untuk mengubur diri sendiri di dalam pasir atau lumpur dengan memperlihatkan bagian akhir tubuhnya. Jika merasa terganggu, teripang emas akan mengerutkan tubuh.

Untuk bergerak, hewan spesial ini menggunakan kaki tabungnya yang berupa tentakel kecil. Seperti yang terlihat dari bentuknya, gerakan teripang emas cenderung lambat.

 

Deskripsi Morfologi

teripang-26-morfologi

Secara morfologi, tidak ada perbedaan signifikan antara teripang emas dengan jenis teripang lainnya. Bentuknya bulat memanjang (silindris) yang lunak dan elastis. Panjang tubuhnya bervariasi, sekitar 4-12 inci tergantung dari usianya.

Jika dipegang, Anda akan merasakan sensasi kasar dari permukaan kulitnya. Hal ini dikarenakan adanya spikula pada kulit teripang emas. Spikula ini tersusun atas struktur pori-pori yang mencapai lebih dari 50% volume total endoskeleton (pembentuk spikula).  Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak pasir pada tubuh teripang emas karena pro-pori ini dan habitatnya—terutama pada bagian bawah tubuhnya.

Jenis kaki yang dimiliki teripang emas adalah kaki tabung. Sisi ventralnya memiliki lebih banyak kaki tabung dengan ukuran yang lebih besar serta memiliki fungsi penghisap di bagian ujungnya. Sementara itu, kaki tabun pada baian dorsal mengalami modifikasi sebagai papula yang lebih sedikit dengan ukuran yang lebih kecil.

CIri-ciri ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis teripang lainnya. Perbedaan warnalah yang menjadi karakter dan penandanya. Umumnya, teripang memiliki kulit dengan warna yang kusam seperti hitam, abu-abu, cokelat, atau hijau lumut. Bagian yang lebih cerang dari tubuhnya adalah pada sisi ventral. Akan tetapi pada teripang emas, permukaan kulitnya memiliki warna yang mencolok dan membuatnya terlihat istimewa, yakni keemasan.

Keunikan Lain

teripang emas gamat

Teripang emas menjadikan bahan-bahan organik di dasar laut dan plankton sebagai makanannya. Karena inilah, hewan nocturnal ini memiliki perananan yang cukup penting dalam struktur rantai makanan karena memiliki peran untuk membersihkan alam dan menghilangkan sisa-sisa hewan yang mati.

Hidup di laut tidak menjadikan teripang emas menjadi lebih aman dibandingkan hewan lainnya di darat. Teripang emas juga kerap menjadi sasaran yang membuatnya berada dalam kondisi berbahaya. Saat mengalami kondisi terancam seperti ini, tubuhnya akan mengeras.

Bila tidak mempan, maka teripang emas akan mengeluarkan organ dalam tubuhnya sendiri yang beracun melalui anus untuk mengamankan dirinya dari serangan predator. Menariknya, organ ini dapat kembali dimiliki setelah proses pembentukan selama 1,5 sampai 5 minggu.

Kaya akan Kandungan Baik

manfaat teripang

Warna kulit yang berbeda bukan satu-satunya faktor yang membuat teripang emas menjadi begitu istimewa. Penelitian sains yang secara khusus dilakukan pada satu dari sekian banyak jenis teripang ini pun sudah lama dan luas dilakukan oleh para peneliti di seluruh dunia.

Golden stitchopus variegatus bisa dibilang sebagai spesies teripang yang paling baik di antara spesies teripang lainnya. Pasalnya, kandungan protein dan kolagen pada teripang emas sangat tinggi. Sebuah teripang emas dapat mengandung protein dan kolagen hingga mencapai lebih dari 80%.

Selain dua zat ini, teripang emas juga memiliki beragam kandungan baik lainnya. Untuk lebih lengkapnya, simak uraian berikut ini.

  • Protein asam amino
    Ada 18 jenis asam amino yang tediri dari 9 asam amio esensial. Kandungan gizi ini sangat baik untuk membantu regenerasi sel-sel baru, memperbaiki jaringan yang rusak, dan memproduksi antibodi dan enzim untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Protein lektin
    Protein lektin berfungsi sebagai zat antikanker dan dapat membantu untuk perlawanan terhadap virus HIV. Bersama dengan asam amino, lektin akan meningkatkan kemampaun aglutinasi.
  • Kolagen
    Kaum wanita tentu sudah tidak asing lagi dengan kandungan yang satu ini. Kandungan gizi ini terbukti mampu memperlambat proses penuaan dan membuat kulit menjadi senantiasa elastis. Selain membuat kulit menjadi lebih muda, kolagen juga berfungsi untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang, mencegah osteoporosis, dan mempercepat penyembuhan luka.
  • GAGS’s (Mukopolisakarida alias Glycosaminoglycan Acid)
    Kandungan GAG dapat membantu mengurangi tasa sakit, mencegah terjadinya inflamasi, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan ini juga sangat berkhasiat untuk beragam penyakit sebaga antikanker, antikanker, antivirus, antiradiasi, meningkatkan imunitas, mengurangi kadar gula darah mengendalikan lemak darah, dan masih banyak lainnya.
  • Saponin
    Senyawa yang memiliki rasa pahit ini berfungsi sebagai antimikroba, antikanker, dan antioksidan. Di samping itu, saponin juga dapat mengatasi individu yang mengalami masalah impotensi dan kelelahan serta meningkatkan metabolisme energi. Tidak kalah penting, senyawa ini pun berperan untuk merangsang pembentukan sumsum tulang, memproduksi darah, dan mencegah anemia.
  • Omega 3, 6, dan 9
    Seperti kandungan omega yang banyak ditemukan pada ikan laut, omega pada teripang emas juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat, mencegah pikun, memberikan nutrisi baik untuk kesehatan jantung dan otak, mencegah penyakit kardiovaskular, dan masih banyak lainnya.

Sejarah Pengobatan

Dengan beragam kebaikan yang ada pada teripang emas, wajar jika kemudian orang berlomba-lomba mencari dan mengonsumsinya. Hal ini sebenarnya sudah sejak lama dilakukan oleh orang-orang dulu, terutama penduduk Cina.

Dalam kitab-kitab pengobatan di Cina, disebutkan bahwa teripang emas sangat baik untuk menguatkan fungsi ginjal, melancarkan siklus menstruasi, memberi nutrisi bagi janin, membantu proses pemulihan pascamelahirkan, pembentukan sumsum tulang, dan melembapkan kulit. Dengan kandungan sekaya ini, tak heran jika teripang emas menjadi idola dalam dunia pengobatan sejak ratusan tahun lalu.

Tidak hanya Cina, bangsa Arab yang mendominasi wilayah pesisir pantai juga telah lama memanfaatkan teripang emas. Biota laut ini banyak dijadikan sebagai bahan tradisional sebagai antiseptic unuk menyembuhkan luka bekas khitan dan sayatan serta panahan akibat perang.

Manfaat untuk Kesehatan

teripang-27-baik-untuk-kesehatan

Kini, masyarakat luas pun telah banyak mengonsumsi teripang emas untuk mengobati gangguan dan penyakit serta membuat badan selalu terasa nyaman dan sehat. Mulai dari penyakit sederhana hingga berisiko tinggi, beragam manfaat teripang emas juga terbukti secara sains melalui beberapa penelitian.

  • Pada Oktober 2011, Marine Drugs mengemukakan bahwa kandungan asam lemak pada teripang dapat mempercepat penyembuhan luka karena memiliki kemampuan untuk membentuk jaringan baru dalam waktu yang relative singkat. Hal ini dibuktikan oleh kemampuan teripan emas yang dapat meregenerasi tubuhnya yang rusak dengan cepat.
  • Peter Collin dari Coastside Bio Resources menyebutkan bahwa teripang emas memiliki kandungan glikosida yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, senyawa antiiflamasi juga membuat teripang emas berkhasiat untuk mengobati arthritis.
  • Subhuti Dharmananda menunjukkan bahwa kandungan protein pada teripang emas sangat besar dan memiliki hanya 2% lemak. Tidak heran, selain Cina, Jepang dan Korea pada zaman dahulu juga kerap menjadikan teripang emas sebagai sajian untuk kaum bangsawan.
  • Seorang profesor dari Malaysia menemukan beragam manfaat teripang emas lainnya. Prof. Dr. Hassan Yakob dari Universitas Malaysia mendapatkan hasil dari penelitiannya bahwa teripang emas dapat meronrokkan racun pada hari, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan asma kronis, mengatasi penyakit maag, merawat kecantikan wajah dan kulit, menyembuhkan luka bagi wanita selepas melahirkan, melancarkan peredaran darah, mengurangi inflamasi dan rasa gatal pada permukaan kulit, dan lain-lain.
  • Penulis buku tentang kanker, Ty M. Bollinger, menyatakan bahwa selain antivirus dan antibakteri, teripang emas juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gusi dan gingivitis. Selain itu, hewan itu juga ekfektif mengurangi berbagai efek samping dari pengobatan kanker seperti radiasi dan kemoterapi.

Jika ditotal, beragam kandungan aktif yang lebih dari 50 pada teripang laut ini juga memberikan puluhan manfaat kesehatan bagi manusia. Untuk lebih praktis, berikut adalah daftar manfaat teripang untuk kesehatan.

  • Mengatasi penyakit maag, baik maag kronis maupun maag akut (mengurangi kadar asam lambung, mengatasi gastitris, gerd, dan lain-lain)
  • Mempercepat penyembuhan luka sampai tiga kali lebih cepat dari biasanya
  • Menghentikan pendarah pada wanita yang mengalami keguguran.
  • Memperlancar siklus menstruasi,
  • Mempercepat proses penyembuhan pascaoperasi dan bersalin.
  • Membantu perawatan pada wanita setelah melahirkan, baik operasi maupun nomal.
  • Memperlancar fungsi sistem pencernaan.
  • Mengobati penyakit momok bagi wanita seperti miom, kista, polip serviks, dan lain sebagainya.
  • Memperbaiki tekstur kulit.
  • Membuat kulit menjadi lebih lembut, lembap, kenyal, dan sehat sehingga mencegah penuaan dini.
  • Mampu membantu untuk memulihkan kondisi dari penyakit stroke.
  • Mencegah dan menghilangkan jerawat.
  • Menghilangkan noda bekas jerawat, vlek, maupun bopeng.
  • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.
  • Mengobati penyakit diabetes (menurunkan kadar gula darah di atas normal).
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Meringankan rasa nyeri pada persendian (arthitris) akibat rematik, asam urat, dan lain-lain.
  • Mencegah terjadinya osteoporosisi.
  • Menguatkan tulang dan sendi.
  • Mencegah dan mengobati beragam gangguan pada jantung (jantung bocor, jantung koroner, jantung bengkak, dan lain-lain).
  • Mengobati penyakit kelenjar getah bening.
  • Mengobati penyakit kanker.
  • Mengatasi masalah impotensi.
  • Menyembuhkan beragam gangguan pada ginjal (ginjal bocor, ginjal bengkak, gagal ginjal, batu ginjal, dan lain-lain).
  • Mengobati penyakit asma.
  • Mengobati penyakit hepatitis.
  • Mengobati penyakit sinusitis.
  • Menyembuhkan gangguan bronkitis
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Membuat badan senantiasa segar dan tidak mudah lelah.
  • Mengobati wasir sekaligus menghentikan pendarahan yang ditimbulkan.
  • Mengobati epilepsi.
  • Dan lan-lain.

 

Cara Mengolah

Cara-Memasak-Teripang-Laut

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah teripang emas sesuai kebutuhan dan selera. Teripang emas dapat diolah menjadi sajian lezat sebagai lauk, masker, bahkan jelly seperti yang banyak digunakan untuk kebutuhan obat di pasaran.

  • Membuat Tumisan

Teripang emas bisa diolah menjadi sajian tumisan lezat yang dihidangkan bersama nasi. Selain untuk mendapatkan beragam khasiatnya, teripang emas juga bisa menjadi alternatif modifikasi sajian laut yang itu-itu saja.

Untuk teripang basah, cara pengolahannya cukup mudah, yakni dengan merebusnya terlebih dahulu sekitar 30 menit. Sebagai contoh, berikut adalah resep membuat tumisan teripang emas yang bisa Anda praktikkan di dapur sendiri.

  1. Siapkan bahan-bahan berikut:
  • 300 gram teripang emas basah yang masih segar
  • 5-7 butir bawang merah yang diiris tipis
  • 1 ruas jahe yang dihancurkan
  • Caisim atau pakcoy secukupnya (sesuai selera)
  • 1 buah wortel yang dipotong-potong
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm minyak wijen
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 sdt gula
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdm tepung maizena yang sudah dicampur dengan 4 sdm air
  • Cabai secukupnya (buang isinya)
  • 100 ml air

Catatan           : Anda juga bisa menambahkan beragam sayuran atau isian lainnya seperti jamur, paprika, atau yang lain. Pun demikian dengan takaran bumbu, sesuaikan dengan selera.

  1. Rebus teripang emas basah selama sekitar 30 menit dengan nyala api sedang.
  2. Potong-potong teripang sesuai selera.
  3. Tumis bumbu sampai harum: jahe, bawang, cabai
  4. Masukkan wortel caisim, atau sayuran lainnya. Masukkan kaldu, kecap, gula, dan garam, dan teripang yang sudah dipotong-topong. Aduk hingga merata dan campurkan dengan air.
  5. Tambahkan larutan tepung maizena.
  6. selesai
  • Membuat Masker Teripang

Untuk membuat wajah senantiasa segar, sehat, dan bebas dari noda, Anda juga bisa mengolah teripang emas menjadi masker wajah. Caranya pun cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama.

Selain teripang emas, yang Anda butuhkan lainnya hanyalah air dan jahe. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat masker wajah teripang emas.

  1. Siapkan teripang emas secukupnya, tidak perlu terlalu besar (sesuaikan dengan kebutuhan).
  2. Isi panci dengan air hingga ¾ bagian terisi. Didihkan di atas kompor dengan nyala api sedang.
  3. Setelah mendidih, masukkan teripang yang sudah disiapkan bersama dengan irisan jahe (5-10 irisan).
  4. Rebus teripang sampai mengembang (2-3 kali ukuran semula) dan menjadi lembut.
  5. Matikan kompor, biarkan agak dingin. Setelah itu, Anda bisa mulai menggunakannya dengan menyapukan masker teripang emas ke wajah menggunakan kuas. Diamkan selama 10-15 menit, lalu cui wajah hingga bersih.
  • Sebagai Jelly

Umumnya, teripang emas dibuat dalam bentuk jelly agar lebih praktis untuk memudahkan bagi pengobatan. Daripada harus repot membuatnya, Anda bisa mendapatkannya di agen-agen penjualan jelly teripang emas (atau sering disebut dengan gamat). Selain untuk diminum, Anda juga bisa menggunakan jelly ini untuk masker.

Inilah informasi mengenai teripang emas, mulai karakter hingga manfaat dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment