Teripang Emas, Kecil-kecil Kaya Manfaat

Ada beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi teripang emas, apa saja?

Bernama latin Golden Stichoupus Variegatius, teripang emas merupakan salah satu jenis spesies hewan laut. Hewan ini–kerap kali disebut dengan timun laut dan lebih dikenal dengan nama haisom –biasa hidup di wilayah substrat pasir, daerah berlumpur, atau justru lingkungan terumbu.

Dalam rangkaian rantai makanan–teripang berperan penting sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan suspensi (suspense feeder). Di wilayah Indo-Pasifik, teripang cenderung tumbuh subur di daerah terumbu yang minim tekanan ekploitasi. Saking “suburnya”, kepadatan teripang bahkan bisa lebih dari 35 ekor per meter persegi. Pun itu sebabnya, di wilayah-wilayah tersebut–konsumsi teripang untuk makanan atau justru camilan, merupakan hal yang lazim ditemukan.

Di tengah lebih dari 1.000 spesies teripang–teripang emas lantas masuk dalam kategori unggulan. Disebut demikian, sebab kandungan yang ada dalam teripang emas sendiri layak dan baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa spesies teripang lain–seperti teripang putih (Holothuria scabra), teripang koro (Microthele nobelis), teripang pandan (Theenota ananas), hingga teripang dongnga (Stichopu ssp.)

Adapun bertekstur kenyal–dan berwarna kuning keemasan, berikut adalah beberapa manfaat konsumsi teripang emas bagi kesehatan manusia.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mencegah Munculnya Penyakit Berbahaya

Konsumsi teripang emas secara rutin–tentu saja dengan kadar yang tepat, dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sekaligus mencegah pertumbuhan sel kanker/tumor ganas. Adapun sebuah studi yang dipublikasikan dalam Cancer Biology & Therapy (2005) menemukan, teripang mengandung senyawa E Philinopside (PE). PE lantas berfungsi utnuk menghambat pembentukan pembuluh darah, yang kelak akan memasok nutrisi pada tumor maupun kanker; baik yang bersifat jinak maupun ganas

2. Mengatasi Peradangan

Dari sekian banyak kandungan nutrisi pada teripang emas, dikenal satu senyawa yang khas–yakni gammapeptide. Dikatakan demikian, sebab kandungan ini hanya dapat ditemukan pada spesies teripang emas. Adapun fungsi dari gammapeptide sendiri beragam, mulai dari kemampuannya mencegah dan mengatasi peradangan, mengurangi rasa sakit pada saraf otak, mempercepat proses penyembuhan luka, meregenerasi sel-sel, menstabilkan emosi, menjaga kelancaran sirkulasi darah–hingga sekadar membuat tampilan kulit menjadi sehat dan awet muda.

3. Meregenerasi Sel

Teripang, mengandung senyawa yang mampu mempercepat proses regenerasi sel. Manfaat ini, bahkan telah lama terbukti oleh ilmu pengobatan tradisional Tiongkok–manakala teripang digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka, keloid, atau justru keluhan penyakit dalam.

Pun itu sebabnya, teripang kerap dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit kanker dan gangren (luka akibat diabetes). Kandungan frondoside A dalam teripang emas, bukan hanya berkhasiat membunuh sel kanker; melainkan juga memperbaiki kerusakan jaringan akibat rangkaian kemoterapi. Adapun dalam dunia kecantikan, teripang emas kerap difungsikan untuk menciptakan tampilan kulit yang kencang dan awet muda.

4. Menurunkan Kolesterol

Kandungan senyawa saponin dalam teripang, ditengarai mampu mengontrol serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Secara tidak langsung, senyawa ini juga membantu menurunkan risiko kesehatan–terlebih akibat kondisi kelebihan lemak jahat pada tubuh, seperti diabetes, darah tinggi, stroke, hingga penyakit jantung.

5. Menyembuhkan Parkinson

Teripang (gamat) emas, memiliki EPA dan DHA yang tergolong tinggi, yakni berkisar antara 25,69% dan 3,69%. Adapun kadar ini, juga mencerminkan kecepatan teripang–terutama dalam memperbaiki jaringan rusak pada penyakit parkinson.

Itulah lima manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi teripang emas. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Comment